Penyerahan Bantuan Secara Simbolis Antara Balai KSDA Sumbar dengan Pemerintah Daerah Kab. Dharmasraya

Setiap tahun Balai KSDA Sumbar memiliki program pengembangan usaha ekonomi masyarakat sekitar daerah penyangga kawasan konservasi. Tahun 2022 ini terdapat 2 (dua) kelompok dari dua nagari di Kabupaten Dharmasraya yang mendapatkan bantuan program ini melalui kegiatan pemberian bantuan pengembangan kelompok.

Kedua nagari yang berada di daerah penyangga kawasan konservasi Cagar Alam Batang Pangean II tersebut adalah Nagari Lubuk Karak dan Nagari Silago Kec. Sembilan Koto, dimana masing-masing kelompok mendapatkan bantuan sebesar Rp. 49.950.000,- (Empat Puluh Sembilan Juta Sembilan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah). Bantuan tersebut telah diserahkan secara simbolis pada hari Kamis, tanggal 24 November 2022 dari Kepala Balai KSDA Sumatera Barat Bapak Ardi Andono, S.TP, M.Sc kepada Pemerintahan Daerah Kab.Dharmasraya yang diwakili oleh Kepala Dinas Pertanian Kab.Dharmasraya Bapak Darisman, S.Si, MM, selanjutnya diserahkan kepada Ketua Kelompok Kehutanan Bukik Sigading dan Kelompok Tani SILPAMA. Dalam penyerahan bantuan tersebut, Kepala Balai KSDA Sumbar menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian BKSDA Sumbar terhadap masyarakat yang berada di sekitar daerah penyangga kawasan konservasi untuk membantu meningkatkan perekonomiannya. Kepala Balai KSDA Sumbar mengucapkan terimakasih kepada Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya, Wali nagari Lubuk Karak, Wali Nagari Silago, Ketua kelompok Kehutanan Bukik Sigading dan kelompok Tani SILPAMA, serta mengharapkan kerjasama yang lebih baik antara Balai KSDA, pemerintah nagari dan masyarakat. Diharapkan dengan adanya bantuan tersebut akan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, mengurangi tekanan terhadap kawasan, serta turut aktifnya masyarakat nagari membantu menjaga kawasan beserta ekosistemnya, khususnya kawasan Cagar Alam Batang Pangean II sebagai penyeimbang kehidupan.


Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya, Bapak Darisman, S.Si, MM menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala Balai KSDA Sumatera Barat atas perhatian dan dukungan terhadap masyarakat Dharmasraya, serta berharap bantuan yang diberikan dapat membantu masyarakat nagari untuk meningkatkan perekonomiannya melalui usaha ekonomi produktif budidaya pengembangan sapi bali tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bantu Perekonomian Warga Penyangga CA, BKSDA Salurkan Bantuan Usaha Ekonomi

Rab Nov 30 , 2022
Dalam rangka membantu peningkatan usaha ekonomi masyarakat yang disekitar penyangga kawasan hutan Cagar Alam Maninjau, BKSDA Sumatera Barat telah menyerahkan bantuan senilai total 99.900.000 rupiah untuk dua kelompok. Bantuan tersebut telah diserahkan oleh Kepala Balai KSDA Sumatera Barat, Ardi Andono, STP, MSc pada tanggal 21 November 2022 bertempat di nagari […]

You May Like