Bantu Perekonomian Warga Penyangga CA, BKSDA Salurkan Bantuan Usaha Ekonomi

Dalam rangka membantu peningkatan usaha ekonomi masyarakat yang disekitar penyangga kawasan hutan Cagar Alam Maninjau, BKSDA Sumatera Barat telah menyerahkan bantuan senilai total 99.900.000 rupiah untuk dua kelompok. Bantuan tersebut telah diserahkan oleh Kepala Balai KSDA Sumatera Barat, Ardi Andono, STP, MSc pada tanggal 21 November 2022 bertempat di nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Agam. Bantuan yang diserahkan untuk kelompok Karya Maju nagari Sitanang, Kecamatan Ampek Nagari yang bergerak dibidang usaha ternak sapi dan kelompok Anugrah, nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya dengan besaran bantuan masing-masing kelompok sebesar 49.950.000 rupiah. Keduanya merupakan kelompok yangb telah dibentuk pada tahun 2021 bersama 3 kelompok lainnya dari nagari Tigo Balai, Sungai Batang dan Koto Rantang. Setelah pembentukan, kelompok telah mendapatkan kegiatan pendampingan, peningkatan kapasitas dan penyusanan rencana lima tahun yang difasilitasi oleh BKSDA.

Dalam sambutannya Kepala BKSDA menyatakan bahwa petugas BKSDA Sumbar wajib mendampingi kedua kelompok ini selama lima tahun, dan diharapkan kelompok binaan tersebut akan berhasil dan mandiri pada tahun kelima. Selain itu Ardi Andono berharap, dengan adanya bantuan ini masyarakat dapat mengembangkan usahanya dan menambah pendapatanmasyarakat, sehingga berdampak terhadap ekonomi dan kesejahteraan masyarakat anggota kelompok. Pada akhirnya diharapkan tekanan dan ketergantungan masyarakat terhadap kawasan hutan Cagar Alam Maninjau dapat ditekan dan diminimalisir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bunga Bangkai Raksasa Mekar Di Sitingkai Kecamatan Palupuh, Agam

Sen Des 5 , 2022
Satu individu bunga langka dan dilindungi jenis bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanum) ditemukan mekar di kebun pinang milik warga di jorong Sitingkai nagari Koto Rantang kecamatan Palupuh Kabupaten Agam, Sumatera Barat, minggu (4/12/2022). Bunga bangkai yang mekar tingginya berukuran 4,35 meter dan lebarnya lebih dari satu meter. Bunga tersebut ditemukan […]

You May Like