Menjaga Keutuhan Kawasan TWA Gunung Marapi, BKSDA Sumbar Menutup Jalur Proklamator Saat Tahun Baru

Balai KSDA Sumatera Barat menutup jalur pendakian Jalur Proklamator Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Marapi, penutupan ini berlaku mulai dari tanggal 30 Desember 2022 sampai dengan 2 Januari 2023. Berdasarkan informasi dari PVMBG, aktivitas kegempaan Gunung Marapi meningkat per 25 Desember 2022, dengan status Gunung Marapi naik dari siaga menjadi awas.

Penutupan ini juga bertujuan untuk menjaga kawasan agar tetap terjaga keutuhannya dengan merujuk hasil penelitian tentang daya dukung kawasan, untuk kawasan Taman Wisata Alam Gunung Marapi hanya mampu menampung 150 orang pengunjung dalam suatu masa kunjungan, dengan dasar lebar jalur, panjang jalur, tempat berkemah, sumber air hingga kelengkapan sarana termasuk akses masuk kawasan, sekaligus mengoptimalkan posko penanganan corona virus desease (2019) din tingkat Desa dan Kelurahan untuk pengendalian penyebaran COVID 2019 sebagai tindak lanjut Perda Nomor 6 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasan Baru (AKB) dalam rangka pencegahan dan pengendalian penyebaran COVID 2019.

Kepala Balai KSDA Sumatera Barat Ardi Andono S.TP, M.Sc menghimbau semua pengunjung/wisatawan Gunung Marapi untuk menahan dulu keinginannya untuk mendaki saat ini untuk keselamatan diri dan untuk keutuhan kawasan TWA Gunung Marapi.

Salam Lestari..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Bupati Pasaman Berikan Dukungan Upaya Penanganan Konflik Harimau Sumatera di Kota Nopan

Tue Jan 3 , 2023
Munculnya satwa Harimau Sumatera di Nagari Kota Nopan, kecamatan Rao kabupaten Pasaman dalam 2 minggu terakhir ini membuat masyarakat menjadi terkejut dan terhambat melakukan aktivitas di luar rumah, hal ini berdampak terhadap perekonomian masayarakat Jorong IV Pasar Kemis nagari Kota Nopan yang rata rata pencahariannya ke ladang. Kejadian ini menarik […]