Warga Nagari Aripan Resah, Disangka Beruang Gak Taunya Binturong yang Lucu

Pada hari Kamis tanggal 15 Desember 2022 ada laporan masuk di WAG WRU Balai KSDA Sumatera Barat bahwa adanya kemunculan satwa liar Beruang Madu beserta anaknya di Nagari Aripan. Hal ini sangat meresahkan warga Nagari Aripan. Berdasarkan berita tersebut petugas Resort Barisan Solok langsung menuju ke lokasi/Nagari Aripan untuk memverifikasi informasi tersebut. Dan hasil dari verifikasi informasi dilapangan/lokasi penampakan dan warga yang langsung bertemu dengan satwa tersebut Sdr.Hariri ternyata ciri-cirinya lebih mengarah kepada satwa Binturong (Arctictis binturong) dan diyakini dengan diperlihatkan gambar Binturong.

Binturong adalah sejenis musang bertubuh besar, memiliki wajah mirip kucing atau beruang dan memiliki ekor panjang dengan bulu/rambut panjang dan kasar dengan warna hitam kecokelatan. Sehingga wajar masyarakat salah mengindentifikasi satwa ini. Binturong ini termasuk jenis satwa yang dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri LHK nomor P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 tentang Jenis tumbuhan dan satwa dilindungi.


Lokasi penampakan satwa tersebut merupakan APL (perladangan masyarakat) dan Informasi dari Sdr. Hariri, penampakan Binturong ada 3 ekor terdiri dari 1 ekor induk betina dan 2 ekor. Sehingga petugas Resort Barisan Solok meminta bantuan kepada Walinagari untuk menghimbau kepada masyarakat sekitar lokasi penampakan agar waspadai ancaman dari satwa Binturong terhadap ternak peliharaan masyarakat. Serta agar masyarakat untuk tidak mengganggu satwa tersebut karena mempunyai peran penting dan sangat berpengaruh dalam menjaga keseimbangan ekosistem terutama penyebaran biji untuk regenerasi hutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

BKSDA Terima Penyerahan Satwa Owa Siamang Dari Warga Situjuh, Kabupaten Lima Puluh Kota

Jum Des 16 , 2022
Balai konservasi sumber daya alam (BKSDA) Sumatera Barat melalui Resor Konservasi Wilayah III Harau terima penyerahan seekor satwa dilindungi jenis Owa Siamang (Symphalangus syndactylus) dari warga jorong Sialang nagari Situjuah Tungka kecamatan Situjuah Limo Nagari kabupaten Lima Puluh Kota, Rabu (14/12/2022). Satwa langka dan dilindungi itu diserahkan oleh Fely Erizal, […]

You May Like