Terkam beruk, macan dahan dievakuasi oleh tim resort KSDA PESISIR SELATAN

Padang, 18 Juli 2021, BKSDA Sumbar melalui Resor KSDA Pesisir Selatan menerima laporan dari masyarakat Bayang Sani Nagari Koto Baru Koto Barapak Kecamatan Bayang Pesisir Selatan dan menyelesaikan Konflik satwa Macan dahan (Neofelis nebulosa).

Setelah mendapat laporan Kepala Resort KSDA Pesisir Selatan Bilmar beserta petugas lainnya langsung mendatangi lokasi kejadian dan menemukan satwa Macan dahan dalam kondisi terluka pada bagian kepala dan juga seekor beruk dalam keaadaan mati. Kejadian ini bermula dari satwa Macan dahan yang hendak memangsa beruk milik masayarakat. Melihat peliharaannya dimangsa Macan dahan tersebut, pemilik Beruk beserta masyarakat lainnya mengejar dan menangkap satwa tersebut. Akibatnya dari kejadian ini membuat satwa yang diduga berjenis kelamin jantan tersebut terluka pada bagian kepala.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas resor, sekitar pukul 15.30 Wib satwa Macan Dahan tersebut di evakuasi ke Lembaga Konservasi Kalaweit untuk dilakukan observasi dan perawatan.

Di tempat terpisah, Kepala Balai KSDA Sumbar, Ardi Andono, S.TP, M.Sc Mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah melaporkan kejadian ini dan menghimbau masyarakat agar jika terjadi kejadian serupa, yaitu melihat adanya satwa dilindungi yang masuk ke area perkampungan, untuk segera melapor petugas Bksda setempat atau bisa menghubungi Call Center BKSDA Sumbar di Nomor 081266131222.Upaya lain yang dimungkinkan adalah menggiring macan dahan tersebut ke hutan dengan bunyi bunyian.

BKSDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Harimau Diselamatkan Dari Perkebunan Kelapa Sawit di Kabupaten Pasaman Barat

Sen Jul 19 , 2021
Setelah melakukan penanganan konflik selama lima hari, tim BKSDA Sumatera Barat berhasil menyelamatkan seekor satwa Harimau Sumatera _(Panthera tigris sumaterae)_ yang dinamai KANTI MARAMA di area perkebunan kelapa sawit PT. Pasaman Marama Sejahtera (PMS), Senin (19/07/2021). Satwa langka dan dilindungi tersebut masuk ke salahsatu boxtrap yang dipasang bksda sekitar pukul […]