Bunga Rafflesia tuan-mudae Diameter Besar Mekar di Cagar Alam Maninjau Sumatera Barat

2

Tumbuhan langka dan dilindungi jenis bunga Rafflesia tuan-mudae yang mekar di dalam kawasan hutan cagar alam Maninjau  di Jorong Marambuang Nagari Baringin Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Bunga cantik ini mekar dengan diameter besar yaitu 111 centimeter dan merupakan diameter terbesar yang pernah tercatat dan terdokumentasikan.

Pemantauan dan monitoring  individu ini dilakukan sejak hari selasa (24/12/2019) oleh tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat melalui Resor Agam. Dan pada hari Selasa tanggal 31 Desember 2019 bunga ini telah mulai pada fase mekar dengan terangkat dan terbukanya perigon atau kelopak bunga.

Uniknya, pada akhir tahun 2017 dilokasi dan inang yang sama juga mekar tumbuhan inj dengan diameter terbesar di dunia yang pernah tercatat dan terdokumentasikan yaitu mencapai 107 cm.

Jenis bunga ini pertamakali diketahui berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan BKSDA Sumatera Barat bersama dengan ahli dan peneliti bunga Rafflesia, Dr. Agus Susatya dari Universitas Bengkulu pada akhir 2017 lalu. Individu bunga diperkirakan akan mencapai posisi mekar sempurna bertepatan pada pada hari Rabu (01/01/2020). Dengan diameter yang mencapai 111 centimeter tersebut, tercatat sampai dengan saat ini merupakan yang terbesar yang pernah ada.

BKSDA

2 thoughts on “Bunga Rafflesia tuan-mudae Diameter Besar Mekar di Cagar Alam Maninjau Sumatera Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Polres Agam Dan BKSDA Amankan Pelaku Kepemilikan Satwa Dilindungi Dalam Cagar Alam Maninjau

Ming Jan 5 , 2020
Kepolisian Resor Agam mengamankan SY (55 tahun) pelaku penganiayaan dan kepemilikan satwa dilindungi jenis burung Enggang Jambul (Berenicornis Comatus) di Jorong Lubuk Nyanyuk Nagari Tanjung Sani, kabupaten Agam. Pelaku diamankan setelah pihak kepolisian menerima informasi dari masyarakat tentang adanya satwa dilindungi yang sudah mati dikuasai pelaku. Pihak Polres Agam selanjutnya […]